Barbagi informasi tentang harga Handphone, resep masakan, tips kesehatan dan kecantikan, serta informasi lainnya.

Kamis, 10 September 2015

Mengenal Gejala Asam Urat

kabar25.blogspot.co.id--- Asam urat atau dikenal dengan istilah lain penyakit pirai atau gout. Penyakit ini seringkali membuat orang meradang kesakitan pada bagian sendi-sendi, ya penyakit ini merupakan radang sendi yang disebabkan adanya pengkristalan natrium urat di dalam atau sekita sendi.
Bagaimana mengenali penyakit asam urat ini, kabari25.blogspot.co.id mencoba merangkum dari beberapa sumber berita dan menyajikannya untuk anda,  mari kita cermati bersama gejala asam urat berikut ini.

Gejala Asam Urat Pada Umumnya.

Sendi yang tiba-tiba terasa sangat sakit (terutama sendi jempol kaki) merupakan gejala penyakit asam urat atau penyakit gout yang paling umum. Seringkali penderita penyakit ini kesulitan untuk berjalan akibat rasa sakit yang sangat mengganggu. Meski dapat muncul kapan saja, gejala seringkali terasa di malam hari. Selain gejala yang disebut di atas, gejala penyakit asam urat lainnya adalah:

    Pembengkakan di dalam dan di sekitar sendi yang mengalami radang.
    Kulit di atas sendi yang terlihat memerah dan mengilap.
    Rasa sakit yang tidak tertahankan terutama ketika sendi tersentuh benda apa pun, bahkan jika tersentuh selimut sekali pun.
    Saat radang pada sendi mereda, kulit pada area tersebut terlihat mengelupas dan terasa gatal.

Sendi-sendi yang sering mengalami serangan penyakit asam urat

Sendi-sendi yang terletak di ujung anggota badan bersifat rentan terkena serangan penyakit asam urat, terutama jempol kaki. Serangan pada bagian tersebut dialami sekitar tujuh puluh persen penderita untuk pertama kalinya,dan sebagian besar merasakan sakit di beberapa titik jempol kaki mereka.

Kendati begitu, penyakit asam urat dapat menyerang sendi mana pun dan bisa menyerang lebih dari satu sendi dalam waktu bersamaan, terlebih jika tidak diobati. Selain jempol kaki, sendi-sendi yang rawan serangan penyakit asam urat adalah:

    Pergelangan kaki
    Kaki bagian tengah
    Lutut
    Pergelangan tangan
    Jari tangan
    Siku

Pola gejala penyakit asam urat

Sebanyak enam dari sepuluh penderita mengalami serangan berulang dalam kurun satu tahun. Meski penderita bisa mengalami kambuh tiap beberapa minggu, bulan, atau tahun, namun kapan terjadinya serangan penyakit asam urat sulit diprediksi.

Biasanya gejala berkembang secara cepat dalam tempo beberapa jam dan berlangsung selama tiga hingga sepuluh hari. Setelah itu, rasa sakit dan tidak nyaman pada sendi akan berangsur-angsur menghilang dan sendi akan normal kembali.

Ada beberapa penderita yang mungkin hanya merasakan serangan penyakit asam urat beberapa kali saja dalam hidup mereka. Namun pada sebagian besar penderita lainnya, serangan  makin meningkat dari waktu ke waktu, dan bahkan bisa menyerang sendi-sendi yang baru.
Saatnya memeriksakan diri ke dokter

Segera periksakan diri ke rumah sakit jika Anda mengalami demam, serta pembengkakan dan rasa sakit pada sendi yang terus memburuk setelah 24 jam. Dikhawatirkan Anda mengalami infeksi di dalam sendi atau septic arthritis yang patut ditangani secepatnya karena berpotensi fatal.

Jika Anda merasakan serangan penyakit asam urat sesuai gejala yang tertulis sebelumnya, konsultasikanlah ke dokter.

Meski rasa sakit telah hilang, Anda sebaiknya memeriksakan diri kepada dokter, karena serangan penyakit asam urat kemungkinan bisa terjadi kembali di masa mendatang dan jika tidak segera diobati, dikhawatirkan bisa menyebabkan kerusakan sendi yang lebih serius.

Jika gejala-gejala yang Anda rasakan tersebut merupakan pengalaman pertama bagi Anda, tanyakanlah kepada dokter mengenai kepastian diagnosisnya karena penyakit lainnya seperti infeksi sendi, juga memiliki gejala yang sama dengan penyakit asam urat.

Selama masa pengobatan, Anda mungkin dianjurkan dokter untuk mengonsumsi obat-obatan sesuai yang diresepkan.

Nah begitulah beberapa gejala penyakit asam urat yang bisa kita deteksi sedini mungkin, agar tidak menjadi semakin berat. Tentu hal utama agar tetap terhindar dari asam urat yah tetap olah raga, menjaga pola makan dan istirahat tentu sangat efektif untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Gejala Asam Urat